0 Mengatasi Flashdisk Tidak Terdeteksi di Menu BIOS "Rufus v1.4.6"

Pernahkah sobat install ulang windows melalui flashdisk? Tapi, pernahkah saat mengatur booting pertama melalui flashdisk, flashdisk tidak terdeteksi di menu BIOS?

Beberapa hari yang lalu saya pernah mengalami masalah seperti ini, saat akan menginstall OS Linux Ubuntu. Padahal semua proses peng-copy-an file-file berjalan lancar, tak ada masalah sedikitpun. Eh tidak disangka, saat mengatur booting pertama, flashdisk tidak terdeteksi di menu BIOS. Padahal sebelumnya sukses install ulang memakai flashdisk.


Saat itu saya kira flasdisk sudah rusak dan mungkin flashdisk saya memang tidak bisa digunakan sebagai bootable flashdisk. Tetapi saat saya coba memakai flashdisk kakak saya, flashdisk kakak saya dapat terdeteksi. Dan saat itulah saya mulai berpikir. Pada saat membuat bootable flashdisk pertama kali, ada tahap pemformatan, tetapi saat membuat bootable flashdisk kedua kalinya, tidak ada tahap pemformatan. Mungkin itu masalahnya. Lalu saya coba format flashdisk saya dengan software "Rufus", akhirnya Alhamdulillah flashdisk saya dapat terdeteksi di menu BIOS. Jika sobat pernah mengalami hal yang sama ini, mari ikuti petunjuk-petunjuk di bawah ini, agar sukses membuat bootable flashdisk.

Hal-hal yang mengakibatkan flashdisk tidak terdeteksi di menu BIOS :

  • Flashdisk memang rusak
  • Flashdisk tidak tertancap dengan benar
  • BIOS tidak support bootable melalui flashdisk 
  • Tahap pemformatan yang salah (sering format flashdisk melalui windows explorer)
  • Password winrar : ryokaisar.blogspot.com



G+



Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript